Sudah Lama tidak berkecimpung di blog,
rasanya seperti menyianyiakan blog ini saja...padahal kan sayang… heheh.
Para sobat googler yang baik hatinya
(rada Mario Tegar, xixi) , yang kali ini kita bahas yang juga sekaligus mata
kuliah saya di Kampus yaitu Pengenalan Analisa Proses Bisnis ,hingga topik
selanjutnya , tapi itu tahap selanjutnya klo ada waktu yah entar... , Baik,
mari kita bahas mengenai Proses Bisnis.
Yang Pertama yang harus kita ketahui Apa itu Proses Bisnis
Yaitu segala kegiatan yang berhubungan dengan Mengelola keuangan maupun
produk, yang berlangsung antara pihak Pemilik dan sikonsumen, kegiatan ini
dapat meningkatkan pemahaman Baik hubungan antara kedua pihak.
Lalu hubungannya dengan informasi apa?
Proses bisnis dan (informasi, Managemen) berjalan seiring
bersamaan, dimana kita pun harus dapat mengolah informasi yang berkaitan dengan
bisnis dan dapat mengaturnya/ melalui managemen.
Hubungannya Dengan Aktifitas
Manajemen?
Aktifitas tentu kita tahu , dimana
terkait beberapa kegiatan atau kejadian, baik itu
Kejadian Kejadian
Keputusan (seperti Menganalisa pasar, pesaing, dan pelanggan)
Kejadian Operasional ( Menerima, pesanan, pembayaran, hingga membuat produk kita
sendiri [ceritanya kita punya perusahaan gitu…] hingga pemberian ke pelanggan.
Kejadian Informasi (ini
terkait proses yang berkaitan dengan informasi seperti)
Mencatat,
menghitung pesanan, list pesanan yg sudah dibayar, memberi form pesanan ,
hingga bill(bon) / total pembayaran yang kita beri untuk dibayar)
Lalu ada lagi pertanyaan mengapa kita
perlu mengadakan Analisa Proses Bisnis ini ?
Menurut Paul Harmon ini faktornya
Krisis ekonomi – efisiensi - Hemat
Karena terjadinya krisis ekonomi
yang berdampak bagi kerakyatan, sehingga kita setiap individu membutuhkan
meningkatnya taraf ekonomi,kelangsungan
hidup dengan lebih berhemat.
Era ekspansi – keuntungan yg
kompetitif
Dewasa ini pola pikir semakin
berkembang, untuk itu diperlukan bersaing secara sehat.
Ada pun tahapan dalam analisa proses bisnis seperti
berikut.
(Sebetulnya ada banyak tapi intinya
menurut hemat saya sih seperti yang saya kutip Berikut )
- Analis Dan Desain
Mengidentifikasi bisnis, yang
meliputi validasi, simulasi dan verifikasi. dimana identifikasi , telaah, dan validasi
digambarkan sebagai model/desain
- Konfigurasi Seleksi Sistem,
Implementasites Dan Develoyment
Ditahap ini yang perlu ialah sebelum
system digunakan harus dites (layak atau Tidak) seperti yang diinginkan
- Pelaksanaan Operasional,
Monitoring, Maintenance
Diuji pada aktivitas keseharian oleh
Perusahaan. Apa system beserta aplikasi yang dibangun sudah bisa berjalan
dengan baik dan bisa mencapai tujuan perusahaan.
- Penggalian Proses Dan Monitoring
Aktivitas Bisnis ( Evaluasi)
Informasi yang telah terkumpul yang
dihasilkan evaluasi menggunakan teknik monitoring aktivitas bisnis dan
kecukupan dari lingkungan operasional.
Siklus inilah yang akan berputar
terus menerus
Bagaimana cara mempertajam tahapan dalam analisa proses
bisnis?
Dijabarkan dalam langkah berikut
1.Level Enterprise
a. Identifikasi strategi serta visi dan misi
instansi diperoleh melalui rencana strategis organisasi (biasanya merupakan
jangka panjang)
b. Indentifikasi struktur organisasi
dan tatalaksana diperoleh melalui
- Peraturan
Menteriatau PeraturanPresiden
-
PERDA & peraturan Gubernur
2. Bussiness Process Level Enterprise
a. Melakukan survei internal instansi
untuk mengetahui bisnis proses dlm instansi, melalui VALUE CHAIN yang ada di
instansi agar kita tahu bisnis yang berjalan meliputi apa saja Seperti
Identifikasi, Aktivitas dan data, hingga dimulai dengan redesign berdasarkan
data yang sudah ada, ( Anaisa SWOT, Gap, Analysis, dan masih banyak)
Nah cara menentukan VALUE CHAIN yang ada di setiap perusahaan /organisasi baik inti maupun
dukungan sehingga bisa berjalan dengan baik ada 3
1.
Mengembangkan diagram organisasi (
Meliputi diagaram system) PT tsb.
2.
Indentifikasi Value Chain
3.
Mengidentifikasi Stakeholders
Contoh
suatu value chain d engan 3 core business :
1.
Membuat
Produk B aru
2.
Memasarkan
dan M enjual Produk
3.
Membuat
dan Men -deliver Produk